Peserta didik dari asrama anugerah sedang PTS Online

Dalam keadaan pandemi yang sudah kita alami kurang lebih 8 bulan ini sangat berdampak dalam segala aspek kehidupan kita. Begitu juga dalam hal penyelanggaraan pendidikan, sejak diberlakukan sistem “Belajar Dari Rumah”, hal ini banyak menuntut pihak sekolah baik itu guru maupun peserta didik untuk segera beradaptasi dengan kondisi yang ada supaya tercipta sebuah kegiatan belajar mengajar yang terarah dan terukur.

Sejak tanggal 5 oktober 2020 hingga 10 oktober 2020 SMP Kristen Anak Panah mengadakan Penilaian Tengah Semester (PTS) secara online. Kebijakan ini diambil oleh pihak sekolah dengan melihat perkembangan jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Nabire yang sedang meningkat. Pihak sekolah tidak ingin pihak orang tua / wali peserta didik   menjadi cemas apabila PTS dilaksanakan di sekolah dan bertemu dengan banyak orang. Pelaksanaan PTS kali ini pun juga dilaksanakan di sore hari yaitu mulai pukul 17.00 hingga 19.20. alasan mengapa dilaksanakan sore hari adalah mengingat masih banyak peserta didik yang belum mempunyai handphone maupun laptop sendiri untuk mengakses PTS secara online, sehingga mereka perlu meminjam milik orang tua/ walinya. Selain itu, adanya pemadaman listrik di Nabire yang biasa terjadi antara pukul 09.00 hingga 17.00 .  Kedua hal inilah yang menjadi kendala terberat dalam melaksanakan kegiatan PTS secara online.

Tetapi di luar dugaan semua guru dan pihak sekolah, ternyata dengan diadakan PTS secara online ini justru membuat peserta didik dan orangtua/wali terpacu untuk dapat mengikuti pembelajaran secara aktif melalui online. Bahkan banyak orang tua yang akhirnya terpacu untuk bisa memenuhi fasilitas bagi putra – putrinya agar dapat mengikuti PTS Online dan pembelajaran online.

Tags